Kamis, 26 April 2018

Waduh, Bolot gara gara kerja...?


Faktor Bahaya Kebisingan.



Jangan sampai masalah kebisingan ini merambat ke masalah keluarga.  Karena kadang kala orang yang mengalami gangguan pendengaran tidak menyadari bahwa dia sedang mengalami gangguan pendengaran.


Saya pernah diceritakan sama seseorang, ada seorang pekerja yang di area dengan tingkat bising yang cukup tinggi, namun tidak menggunakan apd baik itu ear plug atau ear muff.  Dan dia selalu mengatakan, “Gue udah 10 tahun kerja gak jadi masalah tuh” sambil teriak mengatakan itu kepada safety officer saat ditegur.

Usut punya usut, ternyata di rumah bermasalah.  Katanya sedang tidak akur dengan mertua.  Rupanya saat mertua datang kerumah marah karena mendengar bisik-bisik sang pekerja dengan istrinya sedang membicarakan ibu mertua.

Bagi sang pekerja bisik-bisik, tetapi bagi sang mertua itu ya  bicara biasa. hadeeeuh...

ternyata tanpa disadari  rupanya sang pekerja sudah  mengalami gangguan pendengaran (penurunan kemampuan mendengarnya).  Ya, secara sederhana hal tersebut bisa membuktikan dan untuk mengetahui gangguan pendengaran adalah seperti itu. Hehehe…


Makanya...., kalau di ingatkan itu ya mbok dipatuhi.  Aturan dipatuhi, teman-teman safety ini niatnya baik loh.

🌷Nah, jadi ayo kita identifikasi area-area disekitar kita yang memiliki bahaya kebisingan tadi
🌷Lakukan pengendalian risiko sesuai dengan urutan HIRARKI eliminasi bahaya (Di eleminasi bisa tidak itu bisingnya,  atau alatnya diganti dengan yang tidak bising ada tidak, atau di modifikasi misalnya di kasih peredam suara)
🌷Kalau masih belum bisa  dihitung dan lakukan pengorganisasian misalnya atur waktu (durasi) jika akan bekerja diarea tersebut.  Buat aturannya.
🌷Gunakan APD misalnya ear plug / ear muff sampai tingkat kebisingannya bisa diterima.

Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Zero Accident.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Waduh, Bolot gara gara kerja...?

Faktor Bahaya Kebisingan. Jangan sampai masalah kebisingan ini merambat ke masalah keluarga.  Karena kadang kala orang yang mengalami g...